Sabtu, 18 Agustus 2012

Klangenan baru (RX KING 2002)

Klangenan baru (RX KING 2002)

 
 
 
 
 
 
3 Votes

Untung tak dapat diharap, malang tak dapat ditolak (bener nggak ya). Walau masih mengidamkan Kawasaki KLX. Akhirnya siang tadi terboyong klangenan baru. Yup, Yamaha RX-King tahun produksi 2002. Motor jambret berkapasitas 135CC 2-tak tersebut, didapat dengan harga yang lumayan agak mahal yaitu Rp.9,25 juta.
Klangenan baru (maaf ada Mio merah ngikut nampang :p )
Setelah pengamatan dan test ride sejauh 25km antara Kediri dengan Pare, ada beberapa catatan sebagai berikut: Tenaganya tak segalak namanya, maklum ni motor banyak ngendon di rumah si empu yang lama. Hal ini terbukti dengan KM speedo yang baru 6.000an, bandingkan dengan Scorpio 2005 yang  sudah menyentuh angka 68.000 (kebanyakan Touring). Kampas kopling sejak tahun 2002 belum pernah diganti, wadaw... Daleman Knalpot yang kotor ala 2-tak, kayaknya juga menjadi salah satu penyebab kurang ngacirnya motor jagoan ini. Velg SW depan agak sedikit peyang, walhasil kesemutan juga neh kaki dan tangan akibat goyangan.

RX King Hijau


Secara visual, kondisi fisi luar motor second/bekas berwarna hijau ini, masih sangat lumayan. Mulus bak UG Yamaha, tak ada baret di body seksinya. Aki, sein (pakai bunyi bip-bip kayak Yamaha alfa :( ),  switch depan/belakang lampu rem tokcer, Lampu utama nyala, bel/klakson OK!!. Speedometer dan RPM meter masih nyala, walau Indikator bensin mampus.
Tak ada oli yang merembes/ ngiler di ruang mesin. Benar-benar bersih walau keliatan jarang dicuci oleh pemilik lama.
Nguuukkkkkkkk… suara yang merdu dari knalpotnya, mampu mengintervensi pengendara lain. Terdengar bahwa ada motor kencang mau lewat. Khas suara RX King, merduuuuu.. bak nyanyian Gita Gutawa..(glodaghhhh...)…
Berikut spesifikasinya :
MESIN
Tipe Mesin : 2 Langkah, Air Cooled
Diameter x Langkah : 58,0 x 50,0 mm
Volume Silinder : 132 cc
Perbandingan Kompresi : 6,9 : 1
Kopling : Manual, Basah, Multiplat
Susunan Silinder : Satu/Miring
Gigi Transmisi : 5 Kecepatan
Pola Pengoperasian Gigi : 1-N-2-3-4-5
Karburator : VM 26 x 1 MIKUNI
Kapasitas Oli Samping : 1 Liter
Baterai : GM 3-3B/12,3
Busi : BP 8HS-10
Sistem Pengapian : CDI
Sistem Pelumas : Autolube
SUSPENSI/BAN
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Swing Arm
Ukuran Ban Depan : 2.75-18-4 PR
Ukuran Ban Belakang : 3.00-18-4 PR
CHASSIS
Berat Kosong : 100 kg
Tipe Rangka : Double Cradle
Kapasitas Tangki : 9,5 Liter
Jarak Sumbu Roda : 1245 mm
Jarak Terendah ke Tanah : 160 mm
Jarak Tempat Duduk : 770 mm
PERFORMA
Dimensi PxLxT : 1970 x 735 x 1065 mm
Sistem Starter : Kick
Daya Maksimum : 18,5 PS/9.000 RPM
Torsi Maksimum : 1.54 KGF.M/8.000 RPM
SISTEM PENGEREMAN
Rem Depan : Cakram Double Piston
Rem Belakang : Tromol
Terhitung sejak tahun 2007, sesuai regulasi pemerintah, semua sepeda motor produksi baru, harus memenuhi standard emisi international Euro 2. Regulasi tersebut berlaku untuk sepeda motor baru yang diproduksi sejak tahun 2007.
Nagh, sejak saat itu muncul issue bahwa motor 2 tak dilarang mengaspal. Saat itu pihak Kawasaki masih mampu bertahan dengan Ninjanya sampai sekarang, namun malang bagi YMKI, mereka perlahan menyetop/stop produksi motor jambret ini per tahun 2009. Berarti King telah mampu manjadi “Raja” selama 25 tahun di Indonesia. “Kalau kabar RX-Z ama RZR gimana ya sekarang?“.
Bagi anda penyuka RX King silahkan Klik Link (RX-King) tersebut. Saya kasih bonus livery warna lengkap RX King yang pernah beredar neh..
Macam warna RX King series